Media Tanam Anthurium

Media Tanam Anthurium


Kamis, 21 Desember 2006 14:15:39

KAlau mau lebih simpel, sebelum ditanami sebaiknya media tanah di semprot dgn BioSugih, tunggu sampai seminggu dan atau 3 hari. Biarkan bakteri BioSugih bekerja buat anda. Setelah ditanam semprot kembali dgn BioSugih dgn takaran 2 cc/1 liter air 3 hari atau seminggu sekali. Dalam satu bulan lihat lah perlembangannya. Bandingkan dgn yg tidak pakai BioSugih. 1 Liter BioSugih kekuatannya sama dgn 1 ton Pupuk kandang. Mengandung, 7 macam bakteri dgn fungsi berbeda beda dan tugas berbeda pula! Mengandung anti ulat dan anti jamur dan bakteri yg merugikan. Mengandung ZPT dan Hormon alamai, Mengandung hara Makro dan Mikro.

Media Tanam Anthurium


Senin, 13 Nopember 2006 13:17:45

Kalau pengalaman saya, untuk menanam anthurium (berbunga seperti ekor) memakai pakis rajang,pupuk kandang,sekam padi dan pasir kasar/pasir malang,berbanding 1:1:1:0,5 yang diaduk ,lebih baik sekam yang bakar karena mengurangi risiko jamur/fungi dan biji2 rumput nyasar.Setelah rata, masukkan ke pot yang mau ditanami 2/3 bag pot,padatkan dengan jari disekeliling pot sampai padat,buatlah lubang tanam secukupnya,letakkan tanaman yang mau ditanam, lalu taburkan media yang tadi disiapkan, sampai menutup batang.Pot jangan terlalu dipenuhi media,1-2 cm dari tepian pot, supaya kalau disiram tidak tumpah medianya.Selesai siramlah dengan merata,media akan turun sendiri, kalau dirasa perlu ditambah, tambahkan lagi.Jangan ditempatkan pda tempat yang terlalu panas.Demikian yang saya lakukan sampai hari ini, hasilnya cukup baik, tentunya setelah 1 bulan, perlu ditambah pupuk tambahan.

Jenis Anthurium dan Media


Kamis, 25 Januari 2007 09:22:58

Anthurium sang fenomenal th 2006...memang mempunyai jenis yg katanya para pakar anthurium jenisnya bisa ribuan...dikarenakan sistem silangnya yg cukup mudah sehingga varian2 daunnya pun bisa bermacam2 bentuknya..sehingga namanya pun berkembang sesuai bentuk daun..sedangkan yg umum dan banyak beredar di pasaran saat ini ada 3 jenis Hokery, Jenmanii dan WOL..dari ke -3 anth tsb mungkin yg agak susah di bedain utk yg awam atau penggemar baru adalah Hokery dan jenmanii ..prinsipnya daun Hokery lebih tipis dan alus (tidak berkerut) sedangkan Jenmanii lebih tebal bahkan cenderung kaku dan berkerut (seperti kulit jeruk),,,masalah media menurut pengalaman saya memang pakis yg dominan tapi bisa juga di ganti Serutan kayu di campur potongan kecil serabut kelapa..yg kemudian di Mix dengan pupuk Kandang sebaiknya yg dari kotoran Kambing...
demikian mungkin bisa bermanfaat.

Anthurium ....S.O.S


Jumat, 26 Januari 2007 17:04:20

Halo green lovers..
Saya lagi merana, daun anthuriumku kering. Ceritanya, sehabis aku beri pupuk NPK aku jemur di bawah sinar matahari pagi (maksudnya seperti njemur bayi..biar sehat gitu). Ternyata malang tak dapat ditolak, saya kelupaan mindah pot tsb sampai siang menjelang sore, padahal waktu itu panasnya menyengat sekali. Hasilnya daun anthuriumku kering, di tiap2 daun ada bagian kering dan bagian 'sehat'. Karena setelah beberapa hari bagian yang 'sehat' kembali kokoh, tetapi bagian kering semakin kering. Saya nggak tahu pasti yang menyebabkan kering sinar matahari langsung atau pupuk NPK terlalu banyak.
Ada yang bisa membantuku 'menyelamatkan' anthuriumku? Terima kasih banyak atas sarannya...

NUTRISI SAPUTRA


Minggu, 28 Januari 2007 07:52:15

Bunga/tanaman hias yang ditanam di pot maupun lainnya bila menggunakan pupuk kimia sebaiknya diencerkan dulu dengan air baru disiramkan ketanahnya, kalau langsung dan kurang air tanaman bisa kering karena sifatnya tidak organik, lebih aman pakai yang organik cair silahkan coba NUTRISI SAPUTRA mohon amati 2 minggu bagaiman pertumbuhannya....ba gi 2 pengalaman hub. 08883472591- 0342 7720223

Media Tanam Anthurium


Sabtu, 17 Februari 2007 15:13:30

Sama seperti teman-teman saya juga baru mulai mengenal Anthurium, tapi saya sudah punya Jemani umurnya sekitar 2,5 tahun, dulunya saya pakai media sekam dan pupuk kompos hasilnya lumayan bagus, daunnya tumbuh tebal dan hijau (subur)dan daunnya lebar, tapi kemarin dikomentari oleh temen yang kebetulan melihat, katanya sebaiknya dengan media pakis, terusterang sayasendiri ada masalah yaitu sulit memindah-mindahkan tempat karena terlalu berat

Spadiks/Tongkol yg bagus:
1. Batang dan Seludangnya kuat / tdk loyo
2. Untuk bunga betina, ia akan mengeluarkan lendir/lem/madu merata diseluruh spadiks
3. untuk yg bunga jantan, ia akan berubah menjadi benang sari merata diseluruh tongkol akan lebih baik.
4. fase selanjutnya, ia akan berubah menjadi titik-titik yg lama kelamaan akan berubah menjadi titik2 warna hijau
5. fase selanjutnya, ia akan berubah menjadi titik2 warna merah yg menandakan spadiks akan siap dipanen
6. pada fase ini, tutuplah spadiks dengan plastik agar supaya biji tidak terjatuh di tanah/pot/lantai/hil ang
7. setelah biji berwarna merah timbul semua, panenlah dng cara di potong batang spadiksnya.
8. kupaslah biji (spt jagung warna merah) satu persatu lalu kumpulkan di dalam wadah saringan, cucilah biji (spt biji lombok) hingga lendir yg kyk lem bersih.
9. lalu kering anginkan, pada fase ini, Anda boleh langsung menyemai atau di simpan diletakkan di plastik juga tidak apa.
TAPI SEBAIKNYA LANGSUNG DI SEMAI.

Re: Media Tanam


Selasa, 30 Oktober 2007 12:56:00

Penelitian dr Jerman untuk Anthurium andreanum.

media 1: 1, arang sekam : coco chip. Perbandingan dgn berat media bukan volume. Setelah 2 bulan daun lebih kuat, tebal, mengkilap tanpa noda. Sayangnya stang memanjang. bunga jg muncul. Kontrol penelitian media hanya coco chip. Kesimpulan Arang sekam sangat bermanfaat.

Coco chip bukan Coco Pit. Coco chip adalah kulit kelapa yang dipotong kotak2, biasa untuk anggrek.

Banyak pecinta Anthurium yang belum perhatiin akar Anthurium (Liat dipameran). Tanam anthurium dengat pot rapat dr plastik/ Semen dan media bagian atas ditutup dengan pakis cacah lembut biar tampilan ok. Padahal Anth. akarnya kurang napas karena gak ada sistem tranportasi oksigen dr daun ke akar(Epifit red.) Ceknya gampang - kalo anthurium akarnya pada nonjol keluar seperti akar bakau berarti daerah akar bengep. Kalo tanaman masih kecil pengalaman saya ya lambat gedenya. Kalo tanaman Gede Mending potnya dilubangi samping. Biar tampilan kotor tapi sang raja prima...

Sumber : kebonkembang